Sumber Belajar Bagi Seorang Guru   3 comments

PENTINGNYA SUMBER BELAJAR BAGI SEORANG GURU

Sumber belajar merupakan hal yang sangat penting bagi seorang guru. Sumber belajar mencakup apa saja yang dapat digunakan untuk membantu seorang guru dalam belajar, mengajar dan manampilkan kompetensinya. Sumber belajar yang beraneka ragam disekitar kehidupan siswa belum dimanfaatkan secara optimal dalam pembelajaran. Sebagian besar guru cenderung memanfaatkan buku teks sebagai satu-satunya sumber belajar. Masih banyak para guru-guru di Indonesia yang menjadikan buku pelajaran sebagai satu-satunya patokan dalam mengajar. Padahal banyak sumber belajar selain buku yang justru sangat efektiv dalam meningkatkan pemahaman siswa seperti lingkungan sekitar, perpustakaan, benda dan lain sebagainya.

Salah satu guru SMA yang mengajar Antropologi di Labschool Rawamangun Jakarta Timur pernah berkata “Keberadaan buku pelajaran sangat membantu, tetapi jangan sampai terjadi guru hanya berpatokan pada buku tersebut”. Hal ini dapat kita buktikan bahwa buku pelajaran kurang memperhatikan perbedaan individual siswa. Artinya, siswa dianggap homogen sehingga bahan ajar yang ada pada buku pelajaran tersaji tanpa memperhatikan siswa yang ”kuper” dan siswa yang ”lower”. Disamping itu, desain buku pelajaran sering tidak sesuai dengan desain kurikulum pendidikan. Akibatnya, dengan menggunakan buku pelajaran tersebut, program pendidikan yang telah dirancang dalam kurikulum tidak tercapai. Konteks dan bahan ajar yang terdapat dalam buku pelajaran sering tidak sesuai dengan kondisi dan lingkungan siswa. Apabila hal ini terjadi, buku akan terkesan ”memaksa” siswa untuk belajar sesuatu yang ”tidak sesuai” dengan kondisi dirinya. Padahal proses belajar dapat memberi pengaruh terhadap perkembangan kemampuan akademis dan psikologis setiap siswa.

Belajar itu merupakan proses interaksi antara siswa dengan guru dan sumber belajar pada suatu lingkungan belajar. Belajar juga merupakan kegiatan yang melibatkan siswa dalam upaya memperoleh pengetahuan, keterampilan dan nilai-nilai positif dengan memanfaatkan berbagai sumber untuk belajar. Dalam hal ini, siswa sebagai pembelajar dan guru sebagai fasilitator. Ketika seorang guru menjelaskan pelajaran di depan kelas maka terjadi kegiatan mengajar, tetapi dalam kegiatan tersebut belum tentu terjadi kegiatan belajar pada setiap siswa. Peran penting yang harus dilakukan oleh guru dalam proses pembelajaran adalah mengusahakan agar setiap siswa dapat berinteraksi secara aktif dengan berbagai sumber belajar yang ada. Meskipun guru juga merupakan salah satu sumber belajar bagi siswa, tetapi masih banyak lagi sumber-sumber belajar yang lain yang dapat dimanfaatkan untuk terjadinya proses pembelajaran.

Fungsi Sumber Belajar bagi seorang Guru itu apa?

Sumber belajar dapat berfungsi sebagai saluran komunikasi dan mampu berinteraksi dengan siswa dalam suatu kegiatan pendidikan dan pembelajaran. Oleh sebab itu guru harus mengembangkan dan merancang sumber belajar secara sistematis berdasarkan kebutuhan kegiatan pembelajaran yang akan dilaksanakan dan juga berdasarkan pada karakteristik para siswa yang akan mengikuti kegiatan pembelajaran tersebut.

Selama ini sumber belajar dianggap sebagai suatu barang yang sulit dan membutuhkan biaya yang tinggi untuk mendapatkannya. Hal ini disebabkan karena guru ataupun siswa kurang memiliki kreativitas dan inovasi dalam memanfaatkan bahan-bahan atau benda-benda yang ada sekitar dilingkungannya. Dengan berbekal kreativitas, guru seharusnya dapat membuat dan menyediakan sumber belajar yang sederhana dan murah. Misalkan, bagaimana guru dan siswa dapat memanfaatkan benda-benda yang ada lingkungan kelas dan sekolah ataupun bahan-bahan bekas. Bahan bekas yang banyak berserakan di sekolah seperti kertas, mainan, kotak pembungkus, bekas kemasan sering luput dari perhatian guru. Dengan sentuhan kreativitas, bahan-bahan bekas yang biasanya dibuang secara percuma dapat dimodifikasi dan didaur-ulang menjadi sumber belajar yang sangat berharga.

Selain itu, lingkungan juga dapat dimanfaatkan sebagai sumber belajar. Siswa tidak perlu harus pergi jauh dengan biaya yang mahal, lingkungan yang berdekatan dengan sekolah dan rumah pun dapat dioptimalkan menjadi sumber belajar yang sangat bernilai bagi kepentingan belajar siswa. Tidak sedikit sekolah-sekolah yang memiliki halaman atau pekarangan yang cukup luas, namun keberadaannya seringkali ditelantarkan dan tidak terurus. Jika saja lahan-lahan tersebut dioptimalkan tidak mustahil akan menjadi sumber belajar yang sangat berharga.

Sumber belajar lainnya yang seharusnya dikelola dengan baik adalah perpustakaan. Tidak sedikit perpustakaan yang ada di sekolah-sekolah belum dikelola dengan baik sebagai pusat sumber belajar, perpustakaan hanya menjadi sarana atau tempat penyimpanan buku saja sehingga para siswa tidak termotifasi untuk memanfaatkan perpustakaan sebagai sumber belajar.

Para guru semestinya dapat menjadikan perpustakaan sebagai pusat sumber belajar di sekolah yaitu pusat penyimpanan informasi dan pengetahuan baik berupa buku, elektronik dan audio visual ataupun dalam bentuk yang lain, sehingga perpustakaan dapat berfungsi sebagai sumber belajar bagi semua siswa dan semua guru yang memerlukan informasi dan pengetahuan.

Selain berfungsi sebagai tempat untuk mendapatkan informasi, perpustakaan juga berfungsi untuk kegiatan pendidikan, pembelajaran dan penelitian, maka distribusi informasi sebagai koleksi perpustakaan perlu diarahkan pada kebutuhan belajar siswa termasuk diantaranya semua teknologi yang lebih baru seperti bahan rekaman yang dibaca dengan mesin, cd-rom, video disc, bahkan juga komputer terhubung dengan jaringan internet.

Bagi para guru, internet bermanfaat dalam mengembangkan profesinya, karena dengan internet, guru dapat meningkatkan pengetahuan, berbagi sumber antar guru, bekerjasama dengan guru di luar negeri, kesempatan mempublikasikan informasi secara langsung, mengatur komunikasi secara teratur, dan berpartisipasi dalam forum-forum lokal maupun internasional. Di samping itu para guru juga dapat memanfaatkan internet sebagai sumber bahan mengajar dengan mengakses rencana pembelajaran atau silabus online dengan metodologi baru, mengakses materi pelajaran yang cocok untuk siswanya, serta dapat menyampaikan ide-idenya.

Sementara itu siswa juga dapat menggunakan internet untuk belajar sendiri secara cepat, sehingga akan meningkatkan dan memeperluas pengetahuan, belajar berinteraksi, dan mengembangkan kemampuan mereka.

Sebagai seorang guru, sudah selayaknya menjelaskan kepada siswa tentang apa itu sumber belajar dan memberikan motivasi terhadap siswa agar siswa bisa memanfaatkan lingkungan sekitar sebagai sumber belajar yang baik.

Posted 13 Januari 2010 by aliana najah in Pendidikan

3 responses to “Sumber Belajar Bagi Seorang Guru

Subscribe to comments with RSS.

  1. Ya…banyak guru-guru di negara kita ini yang belum punya keterampilan belajar sehingga tujuan pembelajaran sulit untuk dicapai. sip! bagus! seorang guru itu harus tau bagaimana pentingnya sumber belajar

  2. Aku mau tanya tentang RSBI tu lo….kan di negara Indonesia ni lg gencar-gencar nya RSBI..Kalau menurut mbak apakah semua guru-guru yg ada skrg sudah layak untuk ngajar kelas RSBI and bagaimana cara mengembangkan RSBI di Indonesia agar lebih maju???Thanks..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: